Fraksi Demokrat Beri Catatan Soal RUU Bahasa Daerah

Rabu, 03 April 2024 16:06

pak bram

Anggota Komisi X DPR RI fraksi Partai Demokrat, Bramantyo Suwondo, mengapresiasi usulan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang bahasa daerah yang diusulkan oleh DPD RI. 

Menurutnya penting bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan memperdalam identitas bangsa yang salah satunya dengan melestarikan bahasa daerah. 

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja (Raker) bersama pemerintah dan DPD RI untuk membahas RUU tentang bahasa daerah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (3/4/2024). 

"Fraksi Partai Demokrat memahami bahwa bahasa daerah adalah merupakan salah satu identitas dari bangsa kita, identitas bahasa daerah itulah yang membuat keberagaman dan keberagaman itulah yang menjadi pondasi dari bangsa kita. Sehingga kita memiliki satu falsafah yaitu Bhinneka Tunggal Ika," katanya di ruang rapat Komisi X. 

Kata Bram, pelestarian bahasa daerah merupakan unsur penting untuk keberlangsungan identitas dan keberlangsungan bangsa Indonesia dalam menghargai bahasa daerah. 

Meski begitu, ia menilai ada beberapa catatan dari Komisi X untuk melestarikan ataupun memperkuat bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bagaimana pemerintah memberikan sertifikasi kepada guru bahasa daerah di sekolah-sekolah. 

"Karena yang kita inginkan adalah suatu RUU yang bisa menjawab dan juga memberikan solusi-solusi dari berbagai macam permasalahan yang selama ini kita temukan di daerah-daerah," ujarnya. 

"Agar RUU ini memiliki substansi yang kuat, yang memiliki manfaat yang besar dan bukan hanya sebuah RUU ataupun undang-undang asal jadi ataupun juga asal membuat ceremony," tambahnya. 

Untuk itu, ia menyarankan agar RUU bahasa daerah dapat dibahas pada periode keanggotaan DPR berikutnya. Hal itu menurutnya, agar pembahasan tersebut dapat maksimal dan dapat menjawab segala persoalan mengenai RUU bahasa daerah. 

"Jadi kita juga ingin kita menggunakan waktu sebaik-baiknya seefisien dan efektif mungkin agar bisa menjawab menjawab tantangan-tantangan yang kita temukan di lapangan," pungkasnya. 

( sumber: monitorindonesia.com )


Berita Lainnya

Nasional

Legislator Dukung Pemenuhan Sarpras Memadai untuk Lembaga Peradilan di Kalsel

Nasional

ABS: Tidak Hanya Tampilan, Redesain Website DPR Harus Juga Perhatikan Konten Informatif

Nasional

BKSAP Dorong Partisipasi Parlemen Papua Nugini Sukseskan 'The Second IPPP'

Nasional

Suhardi Duka: Distribusi Pupuk Subsidi Masih Terkendala

Nasional

Gula Sentuh Rp18 Ribu Per Kilo, Anggota Komisi IV: Perlu Pembenahan Hulu Hingga Hilir

Nasional

Legislator Dorong Pembaruan Sistem Data RS Grestelina Makassar

Nasional

Proyek Strategis Nasional 'Bali Maritime Tourism Hub' Harus Terintegrasi

Nasional

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Herman Khaeron Ingin Nasionalisme Tetap Hidup

Berita: Nasional - Legislator Dukung Pemenuhan Sarpras Memadai untuk Lembaga Peradilan di Kalsel •  Nasional - ABS: Tidak Hanya Tampilan, Redesain Website DPR Harus Juga Perhatikan Konten Informatif •  Nasional - BKSAP Dorong Partisipasi Parlemen Papua Nugini Sukseskan 'The Second IPPP' •  Nasional - Suhardi Duka: Distribusi Pupuk Subsidi Masih Terkendala •  Nasional - Gula Sentuh Rp18 Ribu Per Kilo, Anggota Komisi IV: Perlu Pembenahan Hulu Hingga Hilir •  Nasional - Legislator Dorong Pembaruan Sistem Data RS Grestelina Makassar •  Nasional - Proyek Strategis Nasional 'Bali Maritime Tourism Hub' Harus Terintegrasi •  Nasional - Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Herman Khaeron Ingin Nasionalisme Tetap Hidup •