Untitled Document Kamis, 19 Oktober 2017
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

11 Oktober 2017 - Berita Nasional

Sosialisasi Niai Kebangsaan, Djoko Pilih Metode Beragam


fraksidemokrat.org, Grobogan – Untuk yang kesekian kalinya Dr. Ir. H. Djoko Udjianto, MM., Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI mengelar wayang kulit di daerah pemilihannya, Jawa Timur III, tepatnya di Grobogan. Pagelaran ini, selain untuk nguri-uri atau merawat budaya, juga sebagai media informasi kepada masyarakat lewat seni.

‘’Menyampaikan informasi akan efektif kalau kita menggunakan metode yang sesuai. Setiap masyarakat, di setiap ruang, memiliki kekhasan. Untuk masyarakat di dapil saya, wayang kulit salah satu yang bisa diterima,’’ kata Djoko tentang pentas hasil kerjasama Djoko Udjianto, Pemkab Grobogan dan Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang di Pendopo Kabupaten Grobogan itu, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Dalang Ki Pamungkas Prasetyo Bayu Aji,  dalam pentas ini menampilkan lakon Wahyu Ponco Darmo. Djoko memberikan apresiasi atas pergelaran wayang kulit tersebut. Sebab, selain unsur hiburan dapat juga sebagai media komunikasi guna sosialisasi nilai-nilai Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

”Saya sangat mengapresiasi pergelaran wayang kulit di Grobogan, karena masih eksis sampai saat ini. Kebudayaan ini harus tetap dilestarikan untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada warga masyarakat,’’ kata Ketua Komisi X DPR RI itu.

Selain Djoko dan Sri Sumarni, Bupati Grobogan, pagelaran wayang kulit tersebut dihadiri Sekda Grobogan Sumarsono, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Ketua LPP RRI Pusat Hasto Kuncoro.

 

Diskusi di SMAN

Di tempat lain, berhadapan dengan pelajar, Djoko memilih metode berbeda. Di Aula SMAN 1 Purwodadi, Sabtu siang, (7/10/2017), Djoko berdiskusi dengan para pelajar ketika menyampaikan niai-nilai pilar kebangsaan tersebut. Dalam kesempatan ini, Djoko memotivasi siswa untuk tak kenal Lelah dan bersungguh-sungguh mengejar cita-cita.

‘’Diskusi ini, tujuannya menanamkan atau membentuk karakter generasi. Kita ingin para siswa tumbuh dengan mental dan karakter yang matang, menghadapi tantangan zaman yang kiat berat,’’ tutur Djoko.

Anggota DPR RI dari dapil Grobogan, Pati, Rembang dan Blora ini menegaskan, nilai-nilai kebangsaan harus terus digelorakan dengan berbagai cara. Herlina Kelas XII IPA SMAN 1 Purwodadi mengaku senang adanya sosialisasi ini.

‘’Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi pelajar.Saya senang, karena bisa bertukar pikiran dengan anggota DPR yang memiliki banyak informasi penting dan tidak selalu bisa kita dapatkan di kelas,’’ kata Herlina.

Tentu saja, kegiatan ini juga dihadiri guru dan penggurus SMAN 1 Purwodadi, anggota DPRD FPD, dan pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Grobogan.

‘’SMA 1 Purwodadi ini bagus, maju. Siswa-siswanya aktif dan terbiasa menya,paikan pendapat. Semoga bisa menjadi contoh dan standar sebagai lembaga pendidikan menengah unggulan bagi sekolah lain, dan terpenting, anak-anak tumbuh pemikirannya, bisa mencapai cita-cita mereka,’’ kata Djoko.(wisnu/ media fpd)

 





LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2017