Untitled Document Jumat, 22 Juni 2018
Untitled Document
HOME | BERITA | STRUKTUR ORGANISASI | VISI-MISI | AGENDA | PROFIL ANGGOTA | GALERI FOTO | VIDEO | MAJALAH | LINK
Untitled Document

BERITA

Nasional | Internasional | Parlemen

19 Februari 2018 - Berita Nasional

Aliyah Mustika Ilham, Himbau Warga Budayakan Perilaku Hidup Sehat


fraksidemokrat.org, Gowa – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, mengimbau warga untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Hal tersebut dikatakan legislator komisi IX ini pada acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Kanjilo, Dusun Tangalla, Kecamatan Barombong, Gowa, Sabtu (17/02/2018).

“Wujud budaya hidup sehat diantaranya rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan lokal. Keduanya diperlukan untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh. Memeriksa kesehatan secara rutin dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Aliyah menjelaskan, Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI. Program ini tidak hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu dan keluarga dalam mempraktekkan pola hidup sehat.

“Termasuk peran dari Pemerintah, baik di pusat dan daerah dalam menyiapkan sarana prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya,” ujar Legislator Fraksi Partai Demokrat ini.

Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar, Laode Musafin, dalam materinya mengatakan, masalah utama kesehatan disebabkan oleh pola hidup, pola makan dan lingkungan yang tidak bersih.

Peningkatan penderita penyakit tidak menular (ptm) seperti stroke, jantung, diabetes melitus dan kanker terus meningkat tajam. Semula banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut, kini mulai banyak ditemukan pada usia produktif bahkan usia belasan tahun.

“Salah satunya juga karena kurang olah raga. Dulu kita kalau ke sekolah jalan kaki, anak jaman sekarang banyak yang malas jalan, padahal itu bagian dari olah raga,” ujarnya.

Anggota DPRD Gowa, Makmur Dg. Muang, mengapresiasi kunjungan Aliyah. Menurutnya ini kali pertama desa tersebut dikunjungi anggota DPR RI.

“Kami sangat terbantu ibu Aliyah beri kita kesempatan periksa kesehatan gratis dan beri edukasi masyarakat hidup sehat” ujar Legislator yang membidangi kesehatan ini.

Acara tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI. Ada sesi dialog tanya jawab,  senam peregangan tubuh, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh tim kesehatan Germas. Ratusan warga hadir. Sebagian besar dari kaum perempuan. (Sumber : inipasti.com/Tim Media FPD )

 

 

 

 

 

 

 





LINK WEBSITE

Website Kepresidenan & Wakil Presiden
Website Kementrian
Website Lembaga Tinggi Negara
Website Media
Website Organisasi Internasional

www.demokrat.or.id

DPP PARTAI DEMOKRAT

MEDIA SOSIAL FPD

Twitter: @FPD_DPR

Facebook: Fraksi Partai Demokrat
 

Copyright © Fraksi Partai Demokrat - 2018